Huruf Konsonan dan Vokal Bahasa Arab

Huruf Konsonan (الصوامت)
Bahasa Arab memiliki huruf konsonan sebanyak huruf hijaiyah yang 28 jumlahnya*. Ada alif (ا), ba (ب), jim (ج), dzal (ذ), sin (س), mim (م), dan lainnya.


Huruf Vokal (الصرائت)
Huruf vokal dalam bahasa Arab ada 6. Tiga diantaranya berasal dari huruf hijaiyah, tiga lainnya berupa tanda baca atau harokat. Kedua golongan ini membedakan antara vokal pendek dan vokal panjang

  • Tanda baca vokal* ada: dhamah (ــِـ),  fathah (ــَـ), dan kasrah (ــِـ). Masing-masing tanda memberikan vokal  vokal "u" (فُ /fu/), "a" (مَ /ma/), dan vokal "i" (ِك /ki/).
  • Huruf vokal dari huruf hijaiyah, yaitu: و , ا , ي. Ketiga huruf tersebut apabila bertanda baca diam atau sukun (ــْـ) dan bertemu dengan tanda baca pasangannya pada huruf sebelumnya, akan menghasilkan vokal panjang. Pasangan vokal:            
                           1. wau (و) dengan dhamah (ــُـ)
                           2. alif (ا) dengan fathah (ــَـ) 
                           3. ya  (ي) dengan kasrah (ــِـ)



*) Sebagian mengatakan 29 karena adanya hamzah (ء). Sebagian lebih memilih tidak memasukkan huruf hamzah karena fleksibilitas huruf ini, seperti berikut:  ئ , ؤ , أ , إ
**) Secara ilmu linguistik, urutan vokal u, a, i untuk bahasa Arab adalah susunan yang benar. Hal ini karena vokal 'u' atau dhamah merepresentasikan tanda vokal lainnya.


english tag: consonant and vocal sound of arabic

2 comments: