Gramatika Bahasa Arab: Sharaf dan Nahwu


Bagian terpenting dalam mempelajari ilmu bahasa adalah mempelajari gramatika. Gramatika dalam bahasa Arab biasanya disebut nahwu-sharaf. Apa itu nahwu dan apa itu sharaf?


Nahwu (نحو) di dalam kamus artinya adalah sintaksis. Sintaksis adalah subsistem tata bahasa yang mempelajari struktur satuan bahasa yang lebih besar dari kata, mulai dari frasa sampai kalimat. Nahwu tidak jauh berbeda dengan makna sintaksis tersebut. Dalam nahwu kita mempelajari bagaimana menyambungkan satu kata dengan kata lain menjadi frase atau kalimat, bagaimana tanda baca (i'rab) dalam suatu kata dalam posisi tertentu diletakkan/disebutkan, fungsi kata atau penghubung dalam kelimat, dan lain sebagainya.

Sementara itu, sharaf (صرف) yang berarti berubah/berganti, adalah bagian lain dari sistem tata bahasa yaitu morfologi. Morfologi adalah ilmu yang mempelajari struktur intern kata atau tata kata. Ilmu morfologi Arab, sharaf (lebih sering disebut ilmu tasrif), mempelajari perubahan kata dalam bahasa Arab, seperti: turunan akar dan perubahan pola kata yang menghasilkan perbedaan (fungsi) makna, pembentukan kata berdasarkan aspek waktu, jenis, dan jumlah, dan lain sebagainya.

english tag: arabic grammar


2 comments:

  1. “Acquire knowledge and teach it to people.”
    - Umar bin Khattab ra
    Apa artinya itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelajari ilmu dan ajarkan pada yang lain :)

      Delete