Pembagian Kata dalam Bahasa Arab


Bahasa memiliki tiga komponen dasar yang membentuk bahasa itu, dari yang paling kecil ada satuan bunyi yang bentuknya kita kenal sebagai huruf, lalu di atasnya ada kata yang merupakan rangkaian dari huruf-huruf, kemudian dari kata-kata akan terbentuk kalimat yang mengandung pikiran dan makna yang jelas.


Setelah kita mengerti satuan bunyi dengan huruf hijaiyah, kita akan lanjut ke bagian yang lebih kompleks dari huruf, yaitu kata. Dalam Bahasa Arab, kata dapat dibagi menjadi tiga kelompok: ada isim (اسم), fi'il (فعل), dan harf (حرف). Apa itu isim, fi'il, dan harf?
  1. Isim (اسم) adalah kata bermakna yang tidak terikat oleh waktu. Isim dalam bahasa Arab juga melingkupi kata sifat (adverb), kata ganti (pronoun), dan kata keterangan (adjektiva) yang ada di dalam bahasa Indonesia. Contoh: كِتاب (buku), مُسافِر (musafir), جَميل (cantik).
  2. Fi'il (فعل) adalah kata bermakna yang terikat oleh waktu. Contoh: ُأَدرُس (saya sedang belajar), دَرَستُ (saya pernah belajar), سَأَدرُسُ (saya akan belajar).
  3. Harf (حرف) 1) adalah kata yang tidak terlalu bermakna kecuali jika bergabung dengan kelompok kata selainnya. Bentuk kata lain dalam bahasa Indonesia yang termasuk dalam kelompok harf adalah: artikel (sebuah, seorang, itu), kata depan (di, ke, pada, dari), kata penghubung (dan, tapi, atau, maupun). Contoh: في (di), َّثُم (kemudian), إِلاَّ (kecuali).

1) Harf (jamak: huruf حُروف) dapat bergabung dengan isim dan fi'il, namun ada juga yang hanya salah satunya. Saat bergabung dengan isim atau fi'il, harf dapat merubah fungsi, makna sekaligus tanda baca akhir (i'rob) kata yang diikutinya.

english tag: parts of speech in the arabic language

No comments:

Post a Comment