Isim (Nomina)

Isim (اسم) secara garis besar dapat dibagi menjadi dua kelompok, ada isim primitif dan isim turunan. Isim primitif adalah kata yang hanya memiliki satu 'nama' saja, Isim turunan adalah kata yang merupakan turunan dari kata kerja (fi'il).


Isim primitif berupa kata benda nama, seperti nama orang, nama tempat, nama negara, nama organ tubuh, nama benda-benda langit, nama benda-benda di sekitar kita biasanya nomina primitif. Nomina ini ada yang berjenis maskulin (mudzakar) dan ada yang berjenis feminin (muannats). Contoh: فِرْعَوْن (Firaun), مَكَّة (Mekah), شَمس (matahari), يَد (tangan).

Isim turunan, seperti yang dijelaskan sebelumnya, adalah kata yang berakar dari kata kerja tertentu hingga membentuk makna kata benda. Isim turunan ini sangat banyak jenisnya, ada masdar (dalam bahasa inggris disebut gerund),  fa'il-maf'ul (subjek-objek), isim tempat dan waktu, isim alat, isim profesi/pekerjaan, isim sifat. Contoh: وُصول (kedatangan), مُكَبِّر (pengeras suara), مَطار (bandar udara), حَسَن (baik).

english tag: arabic nouns


No comments:

Post a Comment