Kata Sambung - Al Asmaul Maushul الأسماء الموصول

'Kata sambung' atau yang bahasa kerennya 'pronomina relatif' dikenal dengan istilah الأسماء الموصول dalam bahasa Arab. 'Al Asmaul Maushul' atau tunggalnya 'Isim mausul' adalah isim yang mengubungkan dua frase, kata dengan frase, atau sebaliknya menjadi satu kalimat/pokok pikiran.

Sesuai istilah kerennya 'pronomina relatif', isim mausul ini tidak dapat berdiri sendiri. Ada beragam isim yang dapat menjadi isim mausul, yaitu: من , ما , serta الذي dan kawan-kawan. Bentuk kata sambung tersebut dalam bahasa Indonesia diwakili oleh kata "yang".

Contoh-contoh:

  1. الرجل الذي تآمر عليه الكرسي 
  2. مصر التي في خاطري -- Mesir yang saya khawatirkan
  3. الرجلان اللذان لا يضحكان -- Dua laki-laki yang tidak tertawa itu
  4. الطائرتان اللتان هبطتا في مطار -- Dua pesawat yang mendarat di bandara
  5. يسكن بجوارنا أعمامي الذين يحبون أبي كثيرا -- Paman-paman yang mencintai ayahku tinggal di sebelah kami
  6. صوت النساء اللاتي هن خارج دائرة الضوء 
  7. تفرح أسرتي بمن يأتي لزيارتها -- Keluargaku senang dengan siapa pun yang datang mengunjungi kami
  8.  ما رأيك بما قلت ؟ -- Apa pendapatmu dengan apa yang sudah saya katakan?
Adapun isim mausul yang dibantu dengan kata ganti orangKata ganti orang seperti dia (هو ، هي) dan mereka (هما ، هم ، هنّ). Contoh: 
  • Firman Allah: قل هو الله أحد -- Katakan dialah Tuhan yang satu.
  • أمهات المؤمنين هنّ قدوتي -- Ibu orang-orang beriman adalah pujaan

Dari contoh-contoh di atas, kita lihat bahwa bentuk isim mausul dapat dinyatakan dengan: الذي ، التي ، اللذان ، اللتان ، الذين ، اللاتي diikuti kata kerja yang menyesuaikan keadaan gender (maskulin atau feminin), dan jumlah (tunggal, dual, atau jamak); adapun kata من diikuti kata benda berakal, sedangkan ما untuk benda tidak berakal.

Jika isim mausul diikuti kata benda indefinit, maka harus ditambah kata penanda kepemilikan, seperti kata "nya": ـي ، ـه ، ـها. Bisa dilihat pada kata أعمامي di contoh no. 5 (أعمام belum jelas kejelasan/kepemilikannya sebelum ditambah huruf ـي yang menunjukkan kepemilikan saya).

No comments:

Post a Comment