Ucapan Salam dan Ekspresi Dalam Bahasa Arab II

Pada postingan sebelumnya, dalam judul yang sama, saya menyebutkan beberapa ucapan keseharian yang saya ambil dari film Ketika Cinta Bertasbih. Sekarang saya hendak menunjukkan lagi beberapa ucapan salam dan ekspresi keseharian yang dalam bahasa Arab.


سلام (salām) - halo. Kata ini bisa dijadikan bentuk singkat dari ucapan "assalamu'alaikum" dalam suasana santai/tidak formal. Dalam bahasa tulisan seperti saat menulis email, SMS, atau chatting sapaan ini biasa digunakan.

مرحبا (marħaban) - selamat datang, halo. Salam ini pasti sering didengar dan tak asing lagi bagi telinga. Dari akar katanya رحب 'melapangkan' atau 'menerima dengan senang hati'.

مع السلامة (ma'assalāma) - sampai jumpa; selamat tinggal. Salam perpisahan ini sama seperti kata 'dah' atau 'goodbye' dalam bahasa Inggris.

إلى اللقاء (ilālliqā) - sampai jumpa; sampai ketemu nanti; selamat tinggal.

في أمان الله (fī amānillah) - sampai jumpai; selamat tinggal. Bisa diterjemahkan juga: 'semoga engkau dalam perlindungan Allah'. Secara konteks, yang satu ini punya makna lebih dalam, misal saat hendak berpisah/ditinggal seseorang dalam waktu lama.



مبروك (mabrūk) - selamat - lit. (engkau) diberkati. Mabruk atau yang kadang ditulis 'mabrook' berarti 'selamat' atau 'congratulation' dalam bahasa Inggris. Ucapan ini biasa diberikan kepada orang yang sedang mendapat kebaikan, seperti kelulusan, kesuksesan, pernikahan, rezeki, dan sebagainya.

كل عام وانتم بخير (kul 'ām wa antum bikhayr) - selamat - lit. semoga setiap tahun selalu baik bagimu. Kalimat ini biasa dipakai dalam berbagai kesempatan, seperti ulang tahun, hari pernikahan, atau hari raya besar lainnya. Lihat juga: "Selamat Hari Raya""Selamat Tahun Baru".

عيد مبارك ('īd mubārak) - selamat hari raya. Ekspresi ini biasa diucapkan saat momen hari raya, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Saat Idul Adha, misalnya, kita bisa mengucapkan kalimat tersebut atau عيد اضحى مبارك "'īd adhā mubārak" untuk lengkapnya.

عيد سعيد ('īd sa'īd) - selamat hari raya, selamat liburan. Sama seperti sebelumnya, ekspresi ini dapat dijadikan variasi dari ucapan selamat hari raya atau selamat liburan yang lebih umum.

4 comments:

  1. trimakasih,, sangat bermanfaat. :)

    ReplyDelete
  2. Makasih gan ngebantu banget..
    Kunjungi juga blog ku ya gan, http://www.duniauzie.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. terima kasih postingannya membantu :)

    ReplyDelete
  4. Bahasa Persia adalah bahasa Arab kuno sekali

    ReplyDelete