Karakteristik Bahasa Arab

Apa yang membedakan bahasa Arab dengan bahasa-bahasa lain? Berikut adalah beberapa karakter umum bahasa Arab: 
1. Bahasa Arab sangat kaya dengan mufradat (kosakata) dan mutaradifat (sinonim). 
2. Kata dalam bahasa Arab secara garis besar dikelompokkan ke dalam tiga golongan, yaitu: fi’il  (verba), isim (nomina), dan hurf jar (preposisi).
3. Dalam bahasa Arab dikenal adanya perbedaan gendermudzakar (maskulin) dan mu'annats (feminin); serta pembedaan jumlah mufrod (tunggal), mutsanna (dual), dan jama' (jamak).
4. Dalam kelompok kata bahasa Arab,  fi’il (verba) dan isim (nomina), terdapat awzan (pola-pola) dan isytiqaq (turunan akar).
5. Bahasa Arab memiliki sistem i’rab, yaitu perubahan bunyi atau bentuk akhir suatu kata tergantung kepada fungsinya dalam kalimat.
6. Tidak seperti kebanyakan bahasa lain di dunia, bahasa Arab memiliki qawa’id  (kaidah/undang undang) yang teratur tanpa banyak pengecualian. 

Dari karakter yang sedemikian uniknya, bahasa Arab telah melahirkan banyak ilmu-ilmu yang menyangkut kebahasaan, kesusastraan, dan lain sebagainya. Di antara ilmu-ilmu itu ada ilmu retorika, tata bahasa, kaligrafi, sastra, tata cara menulis (imla'), kaligrafi, dan masih banyak lagi. Ilmu-ilmu mengenai bahasa Arab ini terus dan terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan dunia pendidikan dalam bidang bahasa, apalagi setelah mengalami kontak dengan dunia asing, bahasa Arab dan lmu-ilmu tersebut terus mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan zaman.




No comments:

Post a Comment