Bilangan Jumlah Satuan

Sekarang kita akan belajar menyebutkan bilangan jumlah, berhitung, mulai dari 1 sampai 10. Coba lihat pola di atas. Seperti yang sudah disinggung pada materi sebelumnya, bilangan-bilangan pada pola di atas dibedakan menjadi kelompok biru yaitu bilangan maskulin (مذكر) dan kelompok ungu yaitu bilangan feminin (مؤنث).

واحِــــدَة - 1 - واحِــــد
اِثنِتـــانِ - 2 - اِثنـــانِ
ثَــلاث - 3 - ثَــلاثَة
أَربَــع - 4 - أَربَــعَةٌ
خَمس - 5 - خَمسَة
سِـــتَّ - 6 - سِــتَّة
سَبع - 7 - سَبعَة
ثَمَانِي - 8 - ثَمَانِيَة
تِسع - 9 - تِسعَة
عَشَر - 10 - عَشرَة

Pembahasan: 
  • Apabila yang disebutkan adalah benda maskulin, maka bilangan yang dipakai adalah bilangan yang berada di baris biru. Apabila yang disebutkan benda feminin, maka bilangan yang dipakai adalah bilangan yang berada di baris ungu.
Aturan jumlah
  • Untuk benda berjumlah satu dan dua, kita cukup menyebut benda sesuai bentuk bilangannya; benda tunggal (mufrad) untuk bilangan satu dan benda dual (biasanya dengan penambahan huruf alif ( ا) dan nun (ن) di akhir kata bentuk tunggal) untuk bilangan dual (mutsanna)
  • Untuk benda yang berjumlah tiga sampai sepuluh, berbeda dengan bilangan jumlah satu dan dua, dia harus didahului oleh kata bilangannya dan harus berbentuk jamak (jama').
Aturan jenis (gender)
  • Jika benda berjenis feminin (mu'anntas) maka bilangan satu dan dua juga feminin. Sementara itu, untuk belangan jumlah tiga sampai sepuluh, jenisnya harus berlawanan dengan kata yang disebutkan jumlahnya >  ساعات (muannats) تسع (mudzakar).
  • Untuk benda berjenis maskulin berlaku sebaliknya dengan muannats.
  • Penetapan jenis dilihat dari bentuk tunggalnya, apabila saat tunggal berjenis maskulin tapi saat jamak dia berbentuk feminin, maka benda itu akan tetap maskulin, kecuali: benda bukan insani (dalam bahasa Arab disebut غيرعقل/tak berakal) jamaknya akan selalu berjenis feminin (muannats).
Contoh
ساعة واحِــدة - 1 - أُسبُوع واحِــــد 
ساعَتانِ اثنَتانِ - 2 - أُسبُوعانِ اِثنـــانِ
 ثَــلَاث ساعاتٍ - 3 - ثَــلَاثَة أَسابِيع 
أَربَــع ساعاتٍ - 4 - أَربَــعَةٌ أَسابِيع 
خَمس ساعاتٍ - 5 - خَمسَة أَسابِيع
سِـــتّ ساعاتٍ - 6 - سِــتّة أَسابِيع 
سَبع ساعاتٍ - 7 - سَبعَة أَسابِيع 
ثَمَانِي ساعاتٍ - 8 -  ثَمَانِيَة أَسابِيع 
تِسع ساعاتٍ - 9 - تِسعَة أَسابِيع 
عَشَر ساعاتٍ - 10 - عَشرَة أَسابِيع 

Latihan menghafal bilangan 1-10 >  main flashcards



No comments:

Post a Comment