Ucapan Salam dan Ekspresi Dalam Bahasa Arab III

Saat pertama kali tertarik untuk belajar bahasa baru, kita pasti akan mencari tahu bagaimana mengucapkan salam dalam bahasa tersebut, seperti selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam.

Setiap bahasa memiliki budayanya sendiri. Dalam bahasa Arab kita tidak akan menemukan banyak salam yang bergantung dengan pergerakan matahari (pagi, siang, sore, malam). Dalam bahasa Arab berikut adalah ucapannya: 

صباح الخير (sobahul khair) - salam ini diucapkan sejak pagi hingga tengah hari. Untuk menjawabnya, kita hanya perlu mengganti kata terakhirnya, menjadi صباح النور (sobahan nuur).

صباح الورد (sobahul ward) - untuk mempermanis salam di pagi hari, salam yang secara literatur berarti 'pagi mawar' bisa diucapkan pada orang yang kita sayangi atau sukai. (lihat: Ekspresi cinta dalam bahasa Arab)

مساء الخير (masa al khair) - setelah memasuki siang hari, kita menggunakan salam ini. Salam ini akan berlaku hingga waktu sore hari. Untuk membalas ucapan salam ini, kita juga hanya akan mengganti kata di akhir, hingga menjadi مساء النور (masaan nuur).

ليلة سعيدة (layla sa'idah) - seperti yang mungkin kalian ketahui /layla/ berarti malam, sementara /sa'idah/ artinya senang atau gembira. Bila digabungkan ini akan menjadi ucapan selamat malam atau ucapan selamat untuk bersantai di malam hari.


Dalam banyak kesempatan, orang Arab biasanya menyingkat salam di awal perjumpaan dengan kata sederhana, yang tidak terpengaruhi waktu. Kata tersebut adalah أَهْلًا (ahlan). Ya, "ahlan!" untuk kalian semua yang akan bersama-sama belajar mengenal bahasa Arab :)

No comments:

Post a Comment